Tugas Pertemuan 2 PBKK - Aplikasi WinForms Kalkulator Sederhana

Pada pertemuan kedua kelas PBKK kali ini, kita diminta untuk membuat sebuah aplikasi Windows Forms sederhana menggunakan framework .NET. Aplikasi yang akan saya buat kali ini terdiri atas 2 aplikasi, yaitu aplikasi kalkulator sederhana (Simple Calculator) dan juga aplikasi kamera sederhana (Simple Camera Capture).

Simple Calculator

Dalam program kalkulator sederhana ini, pengguna dapat memasukkan nilai berupa bilangan bulat maupun desimal (dipisahkan dengan koma) dalam text box Value 1 dan Value 2, kemudian melakukan operasi matematika yang diinginkan dengan menekan salah satu tombol operator di bawahnya.

Berikut adalah contoh demo penggunaannya.

Penjumlahan

Pengurangan

Perkalian

Pembagian

Error Handling: Pembagi Nol

Pengguna dapat menekan button C untuk melakukan reset value text dari semua textbox.

Kode sumber (source code) program di atas dapat dilihat pada link berikut.

Simple Camera Capture

Dalam program kamera sederhana ini, pengguna terlebih dahulu memilih kamera yang tersedia untuk kamera didapatkan menggunakan system kemudian diintegrasikan dengan combobox untuk dapat diakses oleh user.

Setelah memilih kamera, user dapat mengklik tombol "Start" untuk memulai live camera. Sesi live camera menggunakan reference library AForge.NET

Selanjutnya, user dapat menangkap layar menggunakan tombol "Capture" untuk melakukan copy gambar box pertama ke box kedua.

Langkah terakhir, user dapat menekan tombol "Save" untuk menyimpan file gambar hasil capture di direktori file yang mereka inginkan.

Kode sumber (source code) program di atas dapat dilihat pada link berikut.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tugas Pertemuan 15 PBKK - Membuat Aplikasi dengan Google Apps Script

Tugas Pertemuan 2 PPL - Identifikasi Proses PPL

Tugas Pertemuan 5 PPL - High Level Design