Tugas 6 PWeb - CRUD Pendaftaran Siswa Baru

Nama Akmal Sulthon Fathulloh
NRP 5025211047
Kelas Pemrograman Web - A

Deskripsi

Pada pertemuan kesepuluh kali ini, kita diminta untuk membuat sebuah laman web sistem CRUD (Create, Read, Update, Delete) untuk sistem pendaftaran siswa baru. Berikut adalah dokumentasi dari sistem aplikasi web yang telah saya buat.

Halaman Utama

Di halaman ini terdapat 2 fitur utama, yakni daftar sebagai siswa baru dan juga lihat list pendaftar.

Halaman Daftar

Halaman pendaftaran berisi sebuah form yang meliputi nama, alamat, jenis kelamin, agama, dan juga sekolah asal. Data yang telah diinputkan user akan disimpan ke dalam database sesaat setelah user mengklik tombol "Daftar" di bawah form tersebut. Fitur ini merupakan penerapan sistem Create dalam CRUD.

Halaman Pendaftar

Halaman ini menampilkan semua data dari yang telah melakukan pendaftaran dalam tabel. Fitur ini merupakan penerapan sistem Read dalam CRUD. Di setiap data dalam tabel, terdapat 2 tombol tindakan yang dapat digunakan, yakni "Edit" dan "Hapus". Ketika pengguna mengklik tombol "Edit", maka pengguna akan diarahkan ke halaman edit (akan diterangkan lebih lanjut).

Ketika pengguna mengklik tombol "Hapus", maka akan tampil sebuah pop-up box yang berisikan konfirmasi penghapusan. Setelah pengguna menyetujui penghapusan tersebut, maka data yang berkaitan akan dihapus dari database. Fitur ini merupakan penerapan sistem Delete dalam CRUD.

Halaman Edit Data

Pada halaman ini, pengguna dapat mengedit data yang telah didaftarkan sebelumnya. Data baru yang diinputkan akan diupdate dalam database sesaat setelah pengguna mengklik tombol "Simpan". Fitur ini merupakan penerapan sistem Update dalam CRUD.

Link kode sumber: GitHub

Referensi

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengantar PBKK

Tugas Pertemuan 15 PBKK - Membuat Aplikasi dengan Google Apps Script

Tugas Pertemuan 2 PPL - Identifikasi Proses PPL