Tugas Pertemuan 11 PBKK - Membuat View dengan CodeIgniter

Nama Akmal Sulthon Fathulloh
NRP 5025211047
Kelas PBKK - A

Pada pertemuan kesebelas kelas PBKK kali ini, kita diminta untuk membuat view Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan CodeIgniter. Berikut dokumentasinya.

Instalasi

Pertama-tama, lakukan instalasi CodeIgniter menggunakan Composer dengan perintah sebagai berikut.
composer create-project codeigniter4/appstarter view-ppdb

Perintah di atas akan membuat folder baru, bernama view-ppdb, yang berisi source code aplikasi dengan terinstall semua dependensi yang dibutuhkan oleh CodeIgniter.

Set-up

Buat file view dalam folder /app/Views, dalam hal ini saya beri nama daftar.php.

Selanjutnya, edit file controller default, yang terletak di /Controllers/Home.php, supaya me-return view yang telah dibuat sebagai berikut.

Pastikan file routes, yang terletak di /app/Config/Routes.php, juga sudah mengarah pada controller yang benar, yaitu Home.php.

Membuat View

Setelah semua set-up dilakukan dengan benar, langkah selanjutnya tentunya mengedit file view (yang telah dibuat sebelumnya /app/Views/daftar.php). Kita buat agar sesuai dan mirip dengan contoh view PPDB pada soal. Berikut adalah hasil akhir dari file view.

Running

Langkah terakhir adalah menjalankan aplikasi yang telah dibuat. Untuk itu, jalankan perintah php spark serve pada terminal, lalu buka localhost:8080 pada browser. Apabila berhasil, maka akan muncul tampilan seperti berikut.

Kode sumber (source code) program di atas dapat dilihat pada link berikut.

Referensi

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tugas Pertemuan 15 PBKK - Membuat Aplikasi dengan Google Apps Script

Tugas Pertemuan 2 PPL - Identifikasi Proses PPL

Tugas Pertemuan 5 PPL - High Level Design