Tugas Pertemuan 3 PPL - Perancangan Berbasis Obyek

Nama Akmal Sulthon Fathulloh
NRP 5025211047
Kelas PPL - A

Perancangan perangkat lunak berbasis objek adalah metode dalam mengembangkan perangkat lunak yang mendasarkan pada paradigma pemrograman berorientasi objek. Paradigma ini memandang perangkat lunak sebagai kumpulan objek yang memiliki sifat dan perilaku unik, dan mampu berkomunikasi satu sama lain untuk mencapai tujuan yang ditetapkan. Pada pertemuan ketiga mata kuliah Perancangan Perangkat Lunak kali ini kita diminta untuk mencari sebuah gambaran informasi perangkat lunak dimana di dalamnya terdapat desain, mulai dari use case sampai dengan model dinamik atau statik. Referensi yang bisa diambil mulai dari paper, tugas akhir, ataupun studi kasus di industri. Dari contoh itu, analisi use case model (statis atau dinamis) pada jurnal tersebut.

Referensi

Berikut adalah jurnal yang saya jadikan sebagai referensi.

Analisis

Dynamic Model

Use Case Diagram merupakan salah satu bagian dari UML yang mengilustrasikan interaksi antara aktor dengan sistem dan menjelaskan fitur-fitur apa yang terdapat dalam sistem. Pada gambar 2 user merupakan pengguna yang memiliki akses penuh dari semua fitur aplikasi persediaan. User dapat mengelolah data yang ada didalam sistem kemudian dapat melihat data yang telah diolah.

Activity diagram dapat menunjukkan proses kerja dari setiap fitur yang terdapat dalam sistem. Pada gambar 3 memperlihatkan proses kerja dari fitur produk. Proses dimulai ketika fitur produk diakses, aplikasi akan menampilkan daftar data produk, kemudian terdapat tombol- tombol yang berfungsi untuk melakukan pengelolaan data seperti tambah, mengubah, dan menghapus.

Sequence diagram mengilustrasikan tahapan fitur akan digambarkan dengan operasi yang dilakukan oleh fitur tersebut. Gambar 5 memperlihatkan tahapan yang terjadi saat pengguna menggunakan menu produk. Daftar produk akan ditampilkan saat pengguna memilih menu produk, ketika pengguna menekan tombol tambah maka form tambah produk akan ditampilkan dan pengguna dapat mengisi data yang ingin ditambahkan, ketika pengguna menekan tombol simpan proses validasi data akan dilakukan jika data yang dimasukan pengguna tidak sesuai pesan error akan ditampilkan dan jika data yang dimasukan sesuai maka data tersebut akan disimpan, kemudian pengguna akan dikembalikan ke halaman daftar produk dan daftar produk baru akan ditampilkan.

Static Model

Class diagram menampilkan kumpulan kelas yang terdapat dalam aplikasi. Class diagram memberikan gambaran terhadap komponen-komponen yang terdapat didalam sistem dan relasi dari komponen tersebut.

Pada gambar 6 Diagam entitas metunjukkan masing-masing entitas yang terdapat dalam rancangan basis data sistem. Entitas yang terdapat dalam sistem yaitu Akun, Supplier, Kategori, Produk, Produk Masuk dan Produk Keluar. Entitas Akun merupakan hak akses yang dimiliki oleh pengguna untuk melakukan pengelolahan data menggunakan sistem. Entitas akun melakukan operasi create atau membuat data baru terhadap entitas Supplier, Kategori, Produk, Produk Masuk, dan Produk Keluar, karena satu penguna dapat membuat banyak data maka relasi yang dimiliki adalah one to many. Pada entitas produk terdapat data dari entitas kategori dan supplier dengan relasi one to one. Entitas Produk Masuk dan Produk Keluar memiliki data dari entitas Produk dengan relasi many to one.

Referensi

https://kuliahppl.blogspot.com/2024/03/perancangan-berbasis-obyek.html https://media.neliti.com/media/publications/496711-none-6ab81fde.pdf

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tugas Pertemuan 15 PBKK - Membuat Aplikasi dengan Google Apps Script

Tugas Pertemuan 2 PPL - Identifikasi Proses PPL

Tugas Pertemuan 5 PPL - High Level Design