Tugas Pertemuan 1 PPB - Evolusi teknologi perangkat bergerak

Nama Akmal Sulthon Fathulloh
NRP 5025211047
Kelas PPB - D

Pada pertemuan kali ini, kita diminta untuk membuat infografis mengenai perkembangan teknologi perangkat bergerak, baik dari segi hardware (perangkat keras), sistem operasi (OS), maupun jenis aplikasi yang ada di perangkat mobile. Berikut adalah infografis yang telah saya buat.

Teknologi perangkat bergerak telah mengalami evolusi pesat sejak era awal ponsel hingga era smartphone canggih saat ini. Dari segi hardware, ponsel pada tahun 1980-an hingga 1990-an masih berupa perangkat analog berukuran besar dengan fungsi utama telepon dan SMS. Memasuki 2000-an, muncul ponsel dengan keypad fisik yang mendukung internet dasar dan kamera VGA. Era 2010-an ditandai dengan hadirnya smartphone layar sentuh, prosesor multi-core, dan kamera beresolusi tinggi. Kini, di era 2020-an, teknologi semakin maju dengan kehadiran jaringan 5G, layar lipat, kecerdasan buatan (AI) dalam fotografi, serta sensor biometrik seperti pemindai wajah dan sidik jari di bawah layar.

Selain perkembangan hardware, sistem operasi (OS) perangkat bergerak juga mengalami transformasi besar. Pada awalnya, sistem seperti Symbian (Nokia), BlackBerry OS, dan Windows Mobile mendominasi pasar. Namun, setelah peluncuran Android pada tahun 2008 dan iOS pada tahun 2007, dua sistem operasi ini menjadi pemimpin industri smartphone. Android yang bersifat open-source memungkinkan berbagai produsen ponsel menggunakannya, sementara iOS menawarkan ekosistem eksklusif dengan keamanan tinggi. Dalam beberapa tahun terakhir, alternatif baru seperti HarmonyOS dari Huawei dan KaiOS untuk ponsel fitur juga mulai berkembang.

Seiring dengan kemajuan hardware dan OS, aplikasi mobile pun mengalami perubahan drastis. Pada 2000-an, aplikasi masih berbasis Java (J2ME) dengan fitur sederhana seperti Opera Mini untuk browsing, eBuddy untuk chatting, dan game klasik seperti Bounce serta Tetris. Layanan unduhan ringtone dan wallpaper juga populer di masa ini. Memasuki 2010-an, aplikasi media sosial seperti Facebook dan Twitter mendominasi, diikuti oleh game populer seperti Angry Birds dan Candy Crush. Kini, aplikasi semakin canggih dengan dukungan AI dan AR, seperti TikTok, FaceApp, dan layanan cloud gaming seperti GeForce Now.

Referensi

https://kuliahppb.blogspot.com/2024/02/silabus-kuliah-pemrograman-perangkat.html

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tugas Pertemuan 2 PPB - Membuat aplikasi sederhana dengan Jetpack Compose

Tugas Pertemuan 4 PPB - Membuat aplikasi Dice Roller interaktif

Tugas Pertemuan 3 PPB - Membangun aplikasi sederhana dengan Composable Teks