Tugas 6 APSI - Analisis Use Case Portal Gate ITS

Portal Gate ITS

Definisi

Use case merupakan alat yang digunakan untuk menjelaskan dan mencatat interaksi antara pengguna dan sistem dalam menyelesaikan tugasnya. Use case diciptakan untuk membantu tim pengembangan memahami langkah-langkah yang diperlukan untuk mencapai tujuan pengguna. Setelah dibuat, use case seringkali digunakan untuk menurunkan persyaratan fungsional yang lebih terperinci untuk sistem baru.

Setiap use case menggambarkan serangkaian aktivitas yang dilakukan untuk menghasilkan hasil keluaran tertentu. Dalam setiap use case, dijelaskan bagaimana pengguna eksternal memicu suatu peristiwa yang harus direspons oleh sistem. Sebagai contoh, pada sistem toko video, pelanggan dapat menyewa atau mengembalikan DVD, atau DVD dapat menjadi terlambat. Setiap tindakan menyewa atau mengembalikan DVD dan perubahan waktu merupakan peristiwa yang memicu serangkaian aktivitas yang harus dilakukan oleh sistem. Dalam pemodelan yang didorong oleh peristiwa ini, segala sesuatu dalam sistem dapat dianggap sebagai respons terhadap peristiwa pemicu. Saat tidak ada peristiwa, sistem akan berada pada keadaan diam dan menunggu hingga peristiwa selanjutnya terjadi. Ketika peristiwa pemicu terjadi, sistem (dan orang yang menggunakannya) akan merespons, melakukan tindakan yang dijelaskan dalam use case, dan kemudian kembali ke keadaan menunggu.

Pembuatan use case diperlukan ketika dibutuhkan untuk memahami situasi dengan lebih baik dan membantu mengkomunikasikan interaksi antara pengguna dan sistem. Pada proses yang sangat sederhana dan sudah dijelaskan dengan baik dalam definisi persyaratan, pembuatan use case sering tidak diperlukan. Informasi dalam definisi persyaratan itu sendiri sudah cukup untuk menjelaskan apa yang harus dilakukan oleh sistem.

Penting untuk membuat use case setiap kali merekayasa ulang proses atau membuat perubahan pada proses bisnis yang akan signifikan mengubah cara orang bekerja. Ingatlah bahwa use case menjelaskan apa yang akan dilakukan oleh sistem dari perspektif pengguna. Oleh karena itu, sangat penting untuk melibatkan pengguna dalam pembuatan use case sehingga pengguna memahami interaksi yang direncanakan untuk sistem baru. Selain itu, pengguna membantu memastikan bahwa tidak ada langkah atau tugas penting yang terlewat dari use case dan bahwa keadaan langka atau khusus dimasukkan.

Analisis Use Case Portal Gate ITS

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tugas Pertemuan 15 PBKK - Membuat Aplikasi dengan Google Apps Script

Tugas Pertemuan 2 PPL - Identifikasi Proses PPL

Tugas Pertemuan 5 PPL - High Level Design