Tugas Pertemuan 12 PBKK - CRUD dalam CodeIgniter

Nama Akmal Sulthon Fathulloh
NRP 5025211047
Kelas PBKK - A

Pada pertemuan ke-12 kelas PBKK kali ini, kita diminta untuk membuat sistem Create, Read, Update, Delete (CRUD) menggunakan CodeIgniter. Berikut dokumentasinya.

Konfigurasi Basis Data

Buat database baru, di sini saya namai crud-ci4, pada MySQL, dan buat tabel karyawan dengan struktur sebagai berikut. Lalu, konfigurasikan app/Config/Database.php dengan mengubah nilai hostname, username, password, dan database sesuai dengan konfigurasi MySQL.

Model

Buat model baru dengan nama Karyawan_model.php pada direktori app/Models untuk melakukan CRUD pada tabel karyawan. Kode lengkap dari model dapat dilihat pada link berikut.

Controller

Buat controller baru dengan nama Karyawan.php pada direktori app/Controllers untuk mengatur tampilan dan logika dari aplikasi. Kode lengkap dari controller dapat dilihat pada link berikut.

View

Views dari aplikasi ini terdiri dari 3 buah file, yaitu home_view.php, tambah_view.php, dan edit_view.php. Kode lengkap dari view dapat dilihat pada link berikut. Berikut tampilan dari aplikasi ini.

Laman Home

Laman Tambah Data

Laman Edit Data

Routes

Setelah mengatur dan membuat model, view, serta controller, kita perlu mengatur rute agar aplikasi dapat diakses. Edit file app/Config/Routes.php dengan konfigurasi sebagai berikut.

Kode sumber (source code) program di atas dapat dilihat pada link berikut.

Referensi

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengantar PBKK

Tugas Pertemuan 15 PBKK - Membuat Aplikasi dengan Google Apps Script

Tugas Pertemuan 2 PPL - Identifikasi Proses PPL